Jumat, 24 Maret 2017

Vihara Puri Tri Agung (Sungailiat)

Vihara Puri Tri Agung berada di atas lahan seluas 2,3 Ha, terletak di areal perbukitan kawasa Pantai Tikus Sungailiat, Kabupaten Bangka sekitar 20km dari Bandara Depati Amir.
Dari pinggiran Pantai Tikus, tampak bangunan megah berbentuk Pagoda, terdiri tiga tingkat cerminan keyakinan atau Tri Dharma.
Sebagian masyarakat mengenal vihara Puri Tri Agung ini dengan pagoda kuil saolin, hal ini karena pada awal pembangunannya tidak ada plakat nama dan tersiar isu bahwa nantinya di vihara ini akan di datangkan beberapa biksu shaolin dari kuil shaolin.
Pembangunan kuil ini sendiri telah berlangsung lebih dari 12 tahun, dan pada tanggal 18 Januari 2015 Pagoda Vihara Pantai Tikus sungailiat Bangka ini telah di resmikan oleh Menteri Agama dan Menteri Pariwisata.
Namun untuk perluasan kawasan sendiri masih terus di lakukan di sebelah timur bagian halaman vihara ini.
Vihara Puri Tri Agung berlatar bukit menghijau disebelah kanan, patung budha besar di pelataran depan, pemandangan lautan lepas dengan airnya yang biru didepan vihara
serta Patung Dewi Kwan Im
dan kelenteng kecil berada di sebelah kiri pelataran vihara.
Vihara Puri Tri Agung ini memiliki interior yang terbilang cukup mewah di tambah arsitektur bangunan yang kokoh dan elegan menambah daya tarik sendiri.
Patung kepala Naga tampak menghiasi pintu utama
sedangkan lonceng raksasa dan
tiga patung besar, berada di ruang utama Vihara. Yaitu ; Kang Zi, Buddha Sakyamuni, Lao Zi. Patung Kang Zi merupakan patung dewa bagi agama konghucu, Buddha Sakyamuni untuk agama budha, dan patung Lao Zi merupakan patung taoisme atau aliran. (Sumber : Diolah dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar