Minggu, 12 Maret 2017

Jajanan Berkuah Khas Bangka

PANTIAW merupakan makanan berkuah khas Bangka Belitung yang wajib anda cobain. Makanan khas Bangka Belitung yang satu ini dibuat dari beras dan saus bumbu kuahnya terbuat dari olahan daging ikan pilihan yang dicampur bahan-bahan tertentu. Tinggal seduh dengan air panas kita sudah bisa menikmati pantiaw ini,setelah ditaburi dengan bawang goreng untuk menambah rasa lezatnya.Rasanya yang enak dan gurih membuat wisatawan Domestik maupun Mancanegara sangat menyukai makanan khas ini.
LAKSO merupakan makanan khas Bangka Belitung yang dibuat dari bahan dasar tepung beras maupun tepung sagu,bentuknya seperti mie putih berdiameter besar dimasak dengan cara direbus dengan air mendidih. Lakso disajikan dengan cita rasa yang sangat nikmat dan gurih. Kuah Lakso dibuat dari santan kelapa yang dicampur dengan daging ikan pilihan dan bumbu-bumbu yang membuat rasanya menjadi semakin enak.
BERGO adalah makanan tradisional Pulau Bangka, yang terbuat dari tepung beras yang dikukus dan kuah yang terbuat dari daging ikan segar yang dicampur dengan santan. Ada kesamaan Bergo dengan Lakso.Bedanya Bergo berbentuk seperti pita putih tipis, adonan dikukus di atas loyang dan setelah memasak dan kemudian digulung, kemudian dipotong dengan diameter + / – 2mm.
RUJAK SOUN BANGKA terbuat dari empek-empek Bangka yang digoreng dan tahu kuning bangka digoreng, lalu dipotong-potong ditambahkan soun putih dan disiram cuka pedas empek-empek khas Bangka serta taburan mentimun. Rasanya yang enak, gurih dan pedas, memanjakan lidah orang yang menyantapnya.
MIE KOBA adalah mie kuah yang disiram kaldu daging tenggiri dipadu tauge, daun seledri dan bawang goreng. Mie Koba dibuat dari bahan alami oleh Iskandar, orang pertama yang menciptakan racikan kuliner berbahan mie ini. Mie Koba dibuat secara manual dari tepung terigu pilihan. Sedangkan kuah dari Mie Koba dibuat dari ikan tenggiri yang direbus kemudian digiling, lalu ditumis dan direbus lagi bersama bumbu rempah rempah, seperti pala, cengkeh, ketumbar dan gula aren serta kayu manis.Jika ingin menyantap Mie Koba, Anda dapat menemuinya di restoran Mie Koba Iskandar, di seputaran Jalan Balai Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung. (Sumber : Diolah dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar