Jumat, 17 Maret 2017

Pantai Bukit Berahu (Belitung)

SIJUK, BELITUNG - Pantai Bukit Berahu berada tersembunyi di kaki Bukit Berahu, diakses dengan menuruni undakan yang berjumlah 96 buah. Lumayan tinggi memang, namun karena itulah lokasi Pantai Bukit Berahu tampaknya sangat cocok bagi pasangan yang ingin menikmati suasana pantai yang romantis.
Jalan masuk ke Pantai Bukit Berahu adalah melalui Hotel Bukit Berahu, yang area pantainya memang menjadi bagian hotel, dengan teras berbentuk limasan dan ruang atasnya berjendela kaca sepanjang dinding, langsung menghadap ke arah laut lepas.
Dari ruangan atas ini bisa terlihat lamat-lamat, dari sela-sela pepohonan, area Pantai Bukit Berahu, dengan latar depan kolam renang hotel yang terlihat bersih, terawat, dan nyaman. Lingkungan sekitar tampak asri dan terawat dengan baik. Cocok untuk bersantai.
Di ujung restoran ini terdapat bangku-bangku untuk bersantai, serta sebuah dek untuk melihat panorama laut. Dari jendela lain di lantai itu agak ke sebelah kiri bisa melihat kapal tengah berlabuh di pulau kecil di seberang Pantai Bukit Berahu. Pada sisi dimana kapal berada tampak sepenggal pantai pasir putih, sedangkan di sisi lainnya hanya terlihat gundukan batu, tanpa bibir pantai.
Deretan anak tangga yang lumayan banyak untuk turun menuju ke tepian Pantai Bukit Berahu. Beberapa gazebo disediakan di kiri kanan tangga bagi pengunjung yang ingin beristirahat sejenak. Berjalan menuruni undakan bukan perkara sulit, namun arah sebaliknya yang memakan tenaga.
Sampai ke bawah bisa melihat rumah-rumah panggung di tepian Pantai Bukit Berahu yang menjadi bagian Hotel Bukit Berahu,
dengan pemandangan langsung ke pantai, dan jaraknya pun sangat dekat ke bibir pantai.
Pantai Bukit Berahu menghadap ke arah Barat, tepat ke arah Pulau Bangka. Lokasinya ada di ujung Selatan sebuah tanjung selebar sekitar 1 km.
Jarak dari Kampung Nelayan Bugis Tanjung Binga ke Pantai Bukit Berahu ini hanya sekitar 750 m, arah ke Selatan, masih di desa yang sama, Desa Tanjung Binga, desa penghasil durian. Pengunjung membayar tiket untuk masuk ke Pantai Bukit Berahu, hanya 2.000 rupiah saja. 
Sisi kanan Pantai Bukit Berahu dibatasi oleh onggokan batu-batu besar, dan tidak ada akses jalan ke sana, dengan latar belakang kapal-kapal nelayan Kampung Bugis yang tengah tambat. Sedangkan sisi kiri Pantai Bukit Berahu juga berbatas onggokan batu besar.
Panjang pantai boleh dikatakan pendek, dan karena sisi kiri dan kanannya tertutup maka berada di sini seperti di sebuah pantai pribadi saja.
Bisa dibayangkan bagaimana romantisnya suasana di Pantai Bukit Berahu ini ketika malam tiba, ketika kerlip bintang dan cahaya bulan menghias angkasa, dan di laut terlihat kerlap lampu-lampu perahu nelayan yang tengah mencari ikan. (Sumber : www.wonderfulbelitung.com & www.mblusuk.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar