Rabu, 22 Maret 2017

Pulau Salma (Pongok)

PONGOK, BANGKA SELATAN - Pulau Salma merupakan bagian dari Kecamatan Pulau Pongok, Kabupaten Bangka Selatan. Jarak pulau Salma sekitar 30 menit dari pelabuhan Pongok dan 3-4 jam bila ditempuh dari pelabuhan Sadai menggunakan kapal motor.
Sebelum mencapai daratan pulau salma tampak dari atas perahu, air laut di sekitar pulau nampak bening bahkan terumbu karang dan aneka jenis biota laut dapat terlihat dari perahu.
Dari kejauhan dengan jarak 100 meter, hamparan pasir putih dan pohon yang mengelilingi pulau ini terlihat jelas, bahkan disaat tertentu pulau ini kerap dikunjungi penyu untuk menetaskan ratusan telurnya.
Nah disini ada juga mercusuar buat membantu nahkoda kapal besar karena selat pongok ini banyak dilalui kapal-kapal besar dari Jakarta.
Pulau yang memiliki bentuk menyerupai "LOVE" ini, memiliki luas hampir dua hektar dan tidak berpenghuni. Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di pulau ini, seperti bermain air laut, snorkling, diving, camping bahkan bermain bola dan outbound.
Keindahan dan keaslian ekosistem terumbu karang di pulau ini merupakan aset masa depan yang harus tetap dijaga dan dilestarikan. Perlu kepedulian semua pihak agar ekosistem terumbu karang di kawasan ini terus terpelihara dengan baik agar kita terus dapat menikmati keindahan Pulau Salma.
Meski jaraknya yang jauh namun jika dikelola dan dirawat Pulau Salma mungkin bisa menjadi alternative wisata bawah laut dari kabupaten Bangka Selatan. (Sumber : www.zonabangka.com & sumber lainnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar