Selasa, 21 Maret 2017

Pulau Ketawai (Bangka Tengah)

KURAU, BANGKA TENGAH - Pulau ketawai adalah salah satu pulau kecil yang terletak di desa Kurau Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah.
Pulau Ketawai didominasi oleh pohon kelapa yang memang sengaja ditanam.Hamparan pasir putih dipesisir pantainya sungguh memanjakan mata.
Ekosistem pesisir di Pulau Ketawai terdiri dari ekosistem padang lamun (seagrass bed) dan ekosistem terumbu karang (coral reef).
Sebelah timur pulau, didominasi oleh ekosistem padang lamun ) yang cukup luas dan merata serta rumput laut (seaweed),
ini mengindikasikan bahwa pulau ini memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai daerah budidaya rumput laut di masa yang akan datang.
Terdapat beberapa pulau yang letaknya tidak berjauhan dengan pulau ketawai, antara lain : Pulau Semujur, Pulau Panjang, Pulau Gusung Asam dan Pulau Pebuar.
Posisi Pulau ini dapat terlihat jelas dari jembatan jalan raya Desa Kurau. Pulau ketawai dapat ditempuh melalui desa Kurau dengan jarak tempuh 30 menit menggunakan perahu dari dermaga desa kurau.
Banyak aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung dipulau ini, mulai dari bermain air, family gathering, bermain bola, camping, hingga snorkling dan diving.
Di pulau ini terdapat terumbu karang yang dapat menambah wisata yang berbeda bagi pecinta diving. Ekosistem terumbu karang cukup luas dan kondisinya cukup beragam. Karang dengan kondisi sangat baik ditemukan dalam kondisi sehat meski ditemukan bulu babi (Diadema sp.).
Karang yang paling disukai adalah jenis karang yang pertumbuhannya relatif cepat yaitu jenis karang acropora, terutama jenis karang meja (Acropora tumbulate) dan karang cabang (Acropora branching). (Sumber : Diolah dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar