Sabtu, 11 Maret 2017

Tambang Timah Open Pit Bemban (Koba) Eks PT.Kobatin

PT. Koba Tin adalah perusahaan penambangan timah yang beroperasi di Bangka Belitung, khususnya di Kabupaten Bangka Tengah. Komplek PT. Koba Tin terletak di Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah dan kurang lebih jarak berjalan 58 km dari Kota Pangkalpinang. PT.Koba Tin itu sendiri merupakan perusahaan patungan antara pemerintah yang di wakili oleh PT. Timah ( persero ) dengan Negara Australia yang diwakili oleh Kayuara Mining corporation Pty. LTd ( KMC ) yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Resion Goldfields Consolidated ( RGC ).
Namum pada awal tahun 2002 pihak Malaysia melalui MSC ( Malaysia Smelter Corporation ) telah mengambil alih saham dari KMC tersebut sampai dengan akhir kontrak tahun 2013.
Kontrak Karya PT. Koba Tin pertama kali disetujui pada tanggal 16 Oktober 1971 melalui Keppres B/12/Pres./1971. Saat itu luas kontraknya ± 113.000 Ha. Pada saat itu eksplorasi dilakukan selama 2 tahun dan pada tahun 1973 siap untuk dieksploitasi. Terakhir luas wilayah kontraknya dipersempit hingga ± 41.680,3 Ha ( 5 % dari luas Kepulauan Bangka ).
Wilayah penambangan PT. Koba Tin terakhir sebelum dibubarkan,secara umum ada 3 area tambang besar yaitu Air Kepoh, Bemban, dan Pungguk ( Kenari ). Adapun sistem penambangan yang digunakan oleh PT. Koba Tin yaitu tambang semprot ( Gravel pump ) dan Kapal Keruk ( dredge ).
Bekas galian tambang yang sudah tidak terurus,saat ini justru menjadi destinasi wisata favorit yang menawarkan panorama biru nya air yang indah bak lukisan.Danau yang indah diberi nama Camoi Aek Biru.
Nama lokasi wisata ini berasal dari masyarakat Bangka sendiri. “Camoik” adalah istilah atau sebutan dari masyarakat Bangka untuk kolong atau bekas galian tambang yang sudah tidak terpakai. Sedangkan “aek” merupakan bahasa asli Melayu Bangka yang berarti air. Kata biru merujuk pada warna air pada bekas galian tambang. (Foto diambil dari berbagai sumber)

2 komentar:

  1. Situs anda sangat membantu kami, namun bila boleh melengkapi informasi, silahkan kunjungi dan lihat daftar negara penghasil timah terbesar di dunia sebagai referensi

    BalasHapus