Minggu, 12 Maret 2017

Kue-Kue Jajanan Khas Bangka

MARTABAK MANIS/HOK LO PAN adalah salah satu makanan khas Bangka yang populer di seluruh wilayah Indonesia, Martabak Bangka ini banyak dijual di pinggir jalan dengan dengan berbagai rasa baik rasa keju, wijen, coklat, kacang dan jagung. Tekstur martabak yang terbaik biasanya lembut, berair dan tidak gosong.
KUE JONGKONG terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan kelapa, gula merah dan gula pasir.Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, tentunya akan terasa nikmat saat disantap.
KUE YET-YET terbuat dari Campuran sagu, tepung terigu, air kapur sirih, gula merah, gula pasir, dan garam dan biasanya dimakan dengan parutan kelapa muda.
KUE ONGOL-ONGOL merupakan kue tradisional yang terbuat dari sagu, gula merah dan gula pasir, memiliki rasa yang enak, lembut dan kenyal dengan taburan parutan kelapa muda.
KUE PUTU terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dikukus, biasanya dimakan dengan parutan kelapa muda
KUE LAPIS SAGU terbuat dari tepung beras dan tepung sagu sebagai bahan utamanya, serta daun pandan, santan, garam.
KUE SERABI terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak dengan kuali khusus, dan dimakan dengan kuah santan yang dicampur durian.
KUE CLEPON terbuat dari singkong dan gula merah, biasanya berwarna hijau dan dimakan dengan parutan kelapa muda.
KUE PELITE adalah Kue Khas Muntok yang kabarnya kesukaan Soekarno saat di pengasingan. Kue ini dibuat dari tepung beras pilihan, santan, garam, dan gula putih, serta wadah berupa takir dari daun pandan.
KUE SENGKULUN terbuat dari parutan kelapa muda, sagu, gula pasir dan garam. Kadang masyarakat menambahkan pewarna merah untuk membuat lapisan merah muda pada Kue Sengkulun.
KUE JEMPUT CEMPEDAK dibuat dari daging buah cempedak, gandum, gula dan garam terus digoreng. Biasanya jemput cempedak hanya dapat ditemui saat musim buah cempedak.
KUE RANGAI di Pulau Bangka ada juga yang menyebut dengan Kue Rangi. Di Bangka Barat, kue ini disebut dengan Tompek Ambor. Kue Rangai terbuat dari sagu rumbia, parutan kelapa dan gula aren sebagai bahan isian.
KUE KELAMAI UBI dibuat dengan cara singkong diparut terus diperas airnya selanjutnya dicampur sedikit parutan kelapa muda, gula merah dan garam, dibungkus dengan daun pisang.
KUE IPOK-IPOK dibuat dari gandum dan ragi roti yang digoreng, dengan isian kelapa parut dan gula merah atau kacang hijau.
KUE BUGIS terbuat dari tepung sagu, tepung ketan dan santan kelapa dengan isian kelapa parut dan gula merah, dimasak dengan cara dikukus. Sedangkan bagian putihnya dibuat dari tepung beras dan santan kental.
KUE NAGASARI Bangka terbuat dari tepung hunkwe, tepung beras, santan, gula dan garam, diisi dengan potongan pisang tembatu (kepok) dan dibungkus dengan daun pisang.
KUE APEM dibuat dari tepung terigu, tepung beras, santan kelapa dan ragi roti, dimasak dengan cara dikukus dan kadang dimakan dengan parutan kelapa muda.
KUE KROKET Bangka terbuat dari singkong rebus digiling dan gandum dengan isian sambelingkung atau tumisan pepaya muda, terus digoreng.
KUE GANDUS terbuat dari tepung beras dan santan kental yang ditaburi seledri, bawang goreng dan udang kering serta irisan cabai.
KUE TALAM UBI dibuat dengan cara campur singkong parut, gula merah, gula pasir, garam dan santan aduk rata. Lalu tuang ke dalam loyang dan dikukus. Selanjutnya lapisan putih yang terbuat dari tepung beras dan santan dituang diatas lapisan singkong. Kukus kembali selama 15-20 menit. (Sumber : Diolah dari berbagai sumber)

4 komentar: