Sabtu, 11 Maret 2017

Pantai Tanjung Berikat (Lubuk Besar)

Titik spot paling timur Pulau Bangka adalah Tanjung Berikat desa beriga kabupaten Bangka tengah. Sebuah tanjung yang dikelilingi oleh laut. Pantai di Tanjung Beriga sangat indah. Pantai dengan pasir putih bersih, air laut biru jernih dengan bebatuan granit berukuran besar dan artistik. Dipantai ini ditumbuhi tanaman tropis yang masih alami.
Batu-batu di ujung Pantai Tanjung Berikat merupakan kumpulan batu-batu yang berukuran besar dan tinggi. Terutama pada sebelah kiri tanjung atau sebelah utara, kita akan mendaki batu yang cukup besar dan tinggi dan dipenghujungnya kita akan disajikan pemandangan laut yang terbentang luas dengan keindahan yang luar biasa dari ketinggian.
Saat malam hari, dari tempat ini akan terlihat lampu-lampu nelayan yang sedang menangkap cumi dan ikan. Selain itu akan tersaji pula lampu yang berkelip-kelip dari arah Kota Pangkalpinang terlihat dari titik ini.
Tepat di ujung Tanjung Berikat i kita akan dapat melihat sebuah pulau yang terlihat cukup jauh. Pulau itu adalah Pulau Kelapan yang letaknya lebih dekat dengan Pulau Lepar di sebelah Desa Tanjung Sangkar.
Di tanjung ini pun terdapat menara lampu (mercusuar mini) yang digunakan sebagai petunjuk bahwa ini adalah daerah paling timur Pulau Bangka dan arah bagi kapal-kapal yang melintas di sekitar Tanjung Berikat. Selain perairannya yang masih alami dan belum tercemar, perairan Tanjung Berikat memang merupakan kawasan perairan yang cukup dalam dan merupakan jalur pelayaran nusantara. Tak heran jika sering terlihat kapal-kapal besar yang melintas dari daerah Singapura, Batam, Malaysia dan Sumatera menuju atau dari Jawa
Terumbu karang ditemukan di sebelah timur tanjung dan berada sekitar 100 meter dari tepi pantai tak jauh dari batu besar yang terdapat diseberang Tanjung Berikat.Tim eksplorasi terumbu karang UBB menyimpulkan bahwa ekosistem terumbu karang dalam kondisi sedang (tutupan karang hidup 25 – 50 %).
Ikan disekitar pantai tanjung berikat memang terkenal dengan ukurannya yang relative besar dan jumlahnya yang cukup banyak. (Sumber : www.ubb.ac.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar