Minggu, 26 Maret 2017

Pantai Rebo (Kenanga)

KENANGA, KAB.BANGKA - Pantai Rebo terletak di Dusun Rebo, Desa Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Berjarak hanya sekitar 8 km dari Kota Sungailiat atau 15 Km dari Kota Pangkalpinang.
Garis pantai yang membentang sepanjang beberapa kilometer dengan tekstur tanah yang berbukit-bukit membuat pantai ini lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise.
Bentangan bebatuan granit yang berdiri dalam berbagai posisi membuat pantai ini menjadi lebih menyenangkan karena bebatuan tersebut seakan menyediakan meja bahkan tempat tidur, tidak perlu kuatir barang-barang bawaan tercemar oleh pasir bahkan kemping pun dapat dilakukan di antara bebatuan tersebut.
Pantai ini sebenarnya merupakan daerah wisata bahari yang dahulu ingin dikembangkan oleh Pemda Kabupaten Bangka. Berlatar Bukit Rebo yang hijau, berpasir putih dan air lautnya yang biru jernih, Pantai Rebo menjadi salah satu aset wisata bahari penting di Kabupaten Bangka saat itu.
Sayangnya karena kurang perhatian dan ketegasan wisata bahari di Pantai Rebo hampir luluh lantak dibantai oleh Tambang Inkonvensional (TI) apung dan TI darat. Selain itu pernah pula beroperasi kapal hisap dikawasan ini. Bekas galian, lobang-lobang dan sedimentasi pasir tak beraturan membuat Pantai Rebo tak secantik dulu.
Dulu (tahun 1990-an) di kawasan pantai ini dibangun dermaga sebagai tempat menambatkan perahu nelayan dan dibangun pondok-pondok sebagai tempat bersantai dan berteduh sambil menikmati keindahan pantai. Kini pondok-pondok itu telah berubah fungsi menjadi tempat tinggal yang tak terawat para pekerja TI yang sebagian besar berasal dari luar Pulau Bangka.
Sekitar 5 km dari bibir pantai tepat di depan Pantai Rebo (arah timur) terdapat kawasan terumbu karang yang sangat cantik. Memang tak semua orang yang mengetahui lokasi ini. Hanya nelayan dan sebagian penduduk setempat saja yang mengetahuinya.
Jika menggunakan perahu nelayan, sekitar 20 menit kita telah sampai ke lokasi tersebut. Nelayan setempat menyebutnya ”karang kering”. Rataan terumbu karang dikawasan ini cukup luas, sekitar 2,5 ha.
Disebut Karang Kering karena rataan karang ini hanya tampak saat air laut surut terendah dan akan tertutup saat air laut pasang. Berjarak kurang lebih 10,9 km dari Pantai Parai Beach Hotel Sungailiat.
Kawasan Karang Kering terletak bersebelahan dengan Pulau Simbang yang dapat kita lihat dari Pantai Matras Sungailiat. Pulaunya tampak berwarna hijau tua berada sebelah timur laut dari Pantai Matras. Disebut Pulau Simbang karena merupakan tempat sekawanan Burung Simbang melakukan migrasi harian saar sore hari di pulau ini untuk istirahat hingga esok paginya.
Disebelah timur kita akan melihat rataan karang branching jenis Acropora yang beranekaragam. Sangat luas dan membentang seluas mata memandang. Di daerah yang agak dalam baru akan kita temui jenis karang lain. Didaerah ini banyak sekali terdapat ikan Amphiprion yang sering disebut ikan badut dengan anemonnya Ocellaris sp.
Disebelah barat (menghadap kearah daratan), karangnya sangat bervariasi namun kondisi tutupannya lebih rendah dibandingkan dengan disebelah timur. Karang disebelah barat pun ditemukan banyak terdapat Diadema sp. (bulu babi) Banyaknya bulu babi ini menandakan bahwa terumbu karang didaerah ini dalam kondisi karangnya kurang sehat.
Perairan disebelah barat pun lebih keruh jika dibanding dengan sebelah timur. Namun biota karangnya lebih bervariasi,hal ini mungkin pasokan pakan lebih banyak tersedia. Dikawasan terumbu karang ini ditemukan berbagai jenis ikan karang khas ekosistem terumbu karang, softcoral, bintang laut (archaster), Tridacna dan berbagai jenis Gastropoda. Mimpi seperti Kute Bali dan Losari Makassar
Tim Eksplorasi Terumbu Karang UBB telah melakukan eksplorasi di 42 lokasi terumbu karang. Masing-masing 31 lokasi di perairan Pulau Bangka dan 11 lokasi di Pulau Belitung. Dari 31 lokasi yang terdapat di Pulau Bangka, ada satu lokasi yang sebenarnya sangat potensial untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata bahari masa depan. Pantai Rebo. Mengapa Pantai Rebo?
Tim menyimpulkan Pantai Rebo mempunyai potensi wisata bahari ketika melakukan ekspedisi pertama pada awal tahun 2008 ke Karang Melantut Pantai Rebo. Luas spot karang ini sekitar 27 ha. Sekitar 1,1 km dari karang melantut terdapat lagi karang kering dengan luas lebih dari 6 ha setelah dikalkulasikan dengan menggunakan GPS Garmin Colorado 400i.
Lokasi ini berjarak sekitar 5 km dari Pantai Rebo. Membutuhkan waktu hanya sekitar 20 menit dari Pantai Rebo dengan menggunakan perahu nelayan. Selain itu, akses ke Pantai Rebo sangat mudah dengan kondisi jalan yang relative baik. hanya berjarak sekitar 15 km dari Pangkalpinang pusat ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan 8 km dari Kota Sungailiat. (Sumber : www.ubb.ac.id & sumber lainnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar