Jumat, 10 Maret 2017

Tambang Timah Open Pit (Pemali)

PEMALI, KAB.BANGKA - Tambang Terbuka (open pit) Pemali‎yang dikelola PT Timah ini seluas 270 ha, setiap bulan menghasilkan kurang lebih 100 ton timah kadar 60%.
Tambang terbuka terdiri dari 2 bagian, yaitu 'kolong' alias front kerja dan 'jig' atau sarana pencucian. ‎
Kolong merupakan lokasi pengerukan yang berbentuk seperti kawah raksasa. Dari tempat inilah timah dikeruk dengan menggunakan alat-alat berat. Timah yang diambil dari kolong masih bercampur dengan tanah, pasir, dan batu.
Untuk mendapatkan timah, tanah yang dikeruk dari kolong dibawa ke jig. Di sarana pencucian, pertama-tama tanah dipisahkan dari bongkahan batu-batu besar yang ikut terbawa.
Batu-batu tersebut seukuran kepala orang dewasa atau bahkan lebih besar. Pemisahan dilakukan menggunakan selang besar yang dapat menyemprotkan air dengan sangat kuat, seperti water canon milik kepolisian.
Setelah itu, penyaringan dilanjutkan dengan pemisahan antara tanah dan batu-batu kecil dengan timah dan pasir. Pemisahan dilakukan dengan alat berbentuk kotak-kotak yang dialiri oleh air. Timah dan pasir akan turun ke bawah meninggalkan batu dan tanah.
Timah dan pasir turun melalui saringan berbentuk seperti galon air terbalik yang terletak di bawah kotak-kotak penyaring. Timah dan pasir lalu dipisahkan lagi dengan aliran air. Barulah setelah itu didapat timah berkadar 60% yang disimpan dalam karung-karung putih, siap untuk diolah lebih lanjut. (Sumber : www.finance.detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar