Sabtu, 25 Maret 2017

Pantai Air Anyir (Merawang)

Merawang, Kab.Bangka - Pantai Desa Air Anyir memiliki garis pantai yang panjang sekitar 5 Km, berpasir putih, serta memiliki keunikan sendiri lantaran di sepanjang garis pantainya dihiasi pepohonan cemara yang berbaris rapi serta landai karena surutnya air laut sangat jauh.
Posisinya juga terbilang strategis yaitu hanya berjarak sekitar 10 Km dari kota Pangkalpinang, berdekatan dengan Jembatan EMAS dan Pantai Pasir Padi.
serta lokasi nya dekat dan satu arah dengan Pantai Rebo, Pantai Tikus, Pantai Tikus Emas, Pantai Tanjung Pesona, Teluk Uber, Pantai Rambak dan terus menuju ke kota Sungailiat.
Akses jalan aspal mulus menuju pantai ini yang berada di sisi jalan lintas timur Bangka (Pangkalpinang menuju Sungailiat),
menjadikan objek wisata pantai Desa Air Anyir menjadi salah satu pilihan tempat wisata favorit warga di akhir pekan. Apalagi pantai ini sangat cocok untuk mandi ataupun bersantai bersama keluarga.
Air yang jernih dan tenang ditambah irama khas tiupan angin laut yang mengesek dedaunan cemara merupakan sensasi unik di pantai-pantai yang ada di Desa ini.
Ada empat objek wisata pantai yang dimiliki desa Air Anyir saat ini yaitu pantai Karang Emas, Pantai Pukan, Pantai Karang Merah dan Pantai Kuala. Dulu disebut Pantai Temberan, Pantai Mudel dan Pantai Kuala.
Namun yang paling mudah orang-orang di Bangka menyebut semua pantai yang saling bersebelahan ini dengan sebutan Pantai Air Anyir.
Pantai yang ada di Desa Air Anyir sendiri saat ini mulai dikelola dengan baik oleh pihak Pemdes Air Anyir.
Ada sejumlah pondok-pondok tempat bersantai pengunjung dibangun di empat objek wisata tersebut yang dikelola oleh kelompok wisata yang ada di tiga dusun.
Selain menawarkan keindahan empat pantai yang ada, Pantai Desa Air Anyir juga memiliki atraksi budaya tahunan yaitu tradisi Rebo Kasan.
Keindahan Pantai Desa Air Anyir ini sungguh menakjubkan, apabila dikelola dengan baik seperti halnya Tanjung Pendam di Belitung, menjadi Pusat Taman Kota dan Sport Centre dengan Jembatan Emas Sebagai Epicentrum Icon nya, tentunya Pantai ini akan menjadi Pantai yang eksotis dengan hamparan pasir putihnya yang panjang, sehingga mampu melengkapi keindahan bebatuan Pantai Rebo, Pantai Tikus, Pantai Tanjung Pesona dan Teluk Uber. (Sumber : Diolah dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar