Senin, 13 Maret 2017

Otak-Otak & Empek-Empek Jajanan Khas Bangka

Otak-otak Khas Bangka adalah satu dari sekian banyak makanan khas daerah Bangka yang terbuat dari olahan ikan tenggiri, selain itu otak-otak Bangka ini juga disajikan dengan Saus cuka tauco dan Saus cuka pedas serta Saus Cuka Terasi khas Bangka yang sangat enak sehingga lebih menambah nafsu makan jika kita sedang memakan kuliner yang satu ini.
Penggunaan taoco (thew ciong dalam bahasa Hakka) pada kuahnya menjadi pembeda dari otak-otak daerah lain yang umumnya menggunakan sambal kacang. Beragam otak-otak khas Bangka bisa dinikmati dengan harga rata-rata Rp1.500 per buah untuk otak-otak rebus dan goreng. Sementara, otak-otak bakar dihargai Rp2.000 per buah
OTAK-OTAK REBUS (ENGJAN) terbuat dari bahan daging ikan tenggiri, tepung sagu, bawang putih dan garam secukupnya. Otak-otak rebus biasanya disajikan dalam bentuk bulat, bulat panjang, atau kotak.
OTAK-OTAK GORENG adalah Otak-otak rebus yang disajikan dalam bentuk digoreng.
OTAK-OTAK PANGGANG terbuat dari daging ikan tenggiri, santan kelapa, tepung sagu, telur, bawang putih dan garam secukupnya, kemudian dibungkus daun pisang dan dipanggang diatas bara api.
BUJAN diolah dari talas dicampur ikan, singkong, dan sagu. Agar lebih nikmat, tambahkan jahe dan tauco. Jahe berguna menghilangkan amis ikan sedangkan sagu untuk melekatkan adonan.
NGPIANG, otak-otak dari bahan ikan tenggiri, sagu, bawang merah, dan garam yang digiling halus kemudian digoreng dengan bentuk sesuai keinginan.
EMPEK-EMPEK BANGKA merupakan salah satu ciri khas di bangka, hampir setiap ibu rumah tangga di bangka mengetahui cara membuat empek-empek. Beda pempek bangka dengan palembang adalah Empek-empek Bangka jauh lebih kenyal, terbuat dari daging ikan tenggiri, ikan ciu, ikan parang bahkan ikan tamban. Cuka pempek bangka umumnya berwarna merah orange dan pedas, sedangkan palembang coklat kehitaman dan manis pedas.
EMPEK-EMPEK UDANG Terbuat dari daging udang yang dicincang, sagu dan telur. Empek-empek udang yang sangat enak dan terkenal berasal dari Desa Belo Kecamatan Muntok Kab.Bangka Barat.
EMPEK-EMPEK TELOK KETEM Terbuat dari telur kepiting rajungan, sagu dan telur. Rasa khas telur kepiting akan memberi sensasi tersendiri dalam menikmati empek-empek ini.
BAKWAN di masyarakat Bangka dikenal sebagai makanan berkuah terdiri dari dua komponen dasar yaitu bakwan dan kuah bakwan. Bakwan sendiri memiliki bentuk dan tekstur yang sama dengan empek-empek. Bakwan biasanya dibuat lebih kenyal dengan komposisi tepung tapioka atau tepung sagu yang lebih banyak daripada ikan. Membuat bakwan, umumnya masyarakat menggunakan ikan kepetek, ikan tabu gendang, ikan tamban, ikan dencis (Sardinilla lemuru), ikan ciu (Selaroides leptolepis), atau ikan parang-parang (Chirocentrus dorab). Sementara itu, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kuah bakwan terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam serta lada putih atau disebut sahang. (Sumber : Diolah dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar