Kamis, 23 Maret 2017

Lempah Darat Khas Bangka

Masakan lempah darat adalah gambaran sederhana dari cara hidup tradisional masyarakat daratan Pulau Bangka tempo dulu yang hidup dengan cara meramu tanaman alam maupun berladang.
Bahan utama Lempah Darat banyak tersedia, baik yang diambil langsung dari alam maupun yang ditanam diladang di sela-sela pepohonan sahang (lada). Lempah darat memiliki rasa khas terasi sedikit pedas dan memiliki varian yang banyak, tergantung bahan utama. Bumbu-bumbunya tidak rumit, bumbu lempah darat hanya ada 3 bumbu tanpa tambahan bumbu lain, yaitu : Belacan (Terasi Bangka), garam dan cabik kecit (cabe rawit).
Bahkan saking akrabnya, dalam kehidupan sehari-hari. Memasak lempah darat diabadikan dalam lagu khas daerah Bangka: “Yo Miak” : Ambik belacan garem cabik kecit,  Kite ngelempah, kite ngelempah lempah daret, pucuk idat alar keladi hai lempah daret.
1.Lempah Darat Alar Keladi, adalah varian lempah darat yang paling populer dan paling enak karena menggunakan bahan sayuran yang paling banyak, yaitu alar keladi, pucuk idat, daun kencur, terong ketukak, batang keladi rakit, terong biru bulat, terong hijau bulat, kacang butor dan labu kuning. Terkadang ada juga yang dirampai (dicampur) suwiran daging ikan panggang.
2.Lempah Darat Kates, adalah lempah darat yang menggunakan bahan, yaitu kates (pepaya) setengah matang, daun cangkok (katuk) dan kacang panjang.
3.Lempah Darat Jantung Pisang, adalah lempah darat yang menggunakan bahan, yaitu jantung pisang hutan atau boleh pisang tembatu (kepok), buah pisang hutan muda dan ubi (singkong).
4.Lempah Darat Umbut Nanas, adalah lempah darat yang menggunakan bahan, yaitu umbut nanas (batang nanas muda) dan pucuk idat.
5.Lempah Darat Umbut Kelapa, adalah lempah darat yang menggunakan bahan, yaitu umbut kelapa (batang muda pohon kelapa) dan pucuk idat.
Lempah Darat Rebung, adalah lempah darat yang menggunakan bahan, yaitu rebung (batang muda pohon bambu) dan pucuk idat.
6.Lempah Darat Nangka adalah lempah darat yang menggunakan bahan, yaitu buah nangka muda dan pucuk idat. (Sumber : diolah dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar