Selasa, 14 Maret 2017

Pantai Tanjung Kelayang (Belitung)

SIJUK,BELITUNG - Pantai Tanjung Kelayang terletak di Desa Keciput kecamatan Sijuk sekitar 27 Km dari Tanjungpandan ibukota Kabupaten Belitung. Tanjung Kelayang memiliki pesisir sepanjang kurang lebih 4 Km hingga perbatasan Pantai Tanjung Tinggi dengan lebar pantai ± 7 m pada saat pasang tertinggi dan ± 10 m pada saat pasang terendah.
Pantai Tanjung Kelayang meliputi area seluas 60 Hektar. Tanjung Kelayang memiliki karakteristik pantai berpasir putih dan laut biru yang tenang dengan panorama pohon kelapa di sepanjang pesisirnya.
Karakter pantai yang sungguh cocok untuk berenang atau berjemur diantara bebatuan granit yang tersusun menakjubkan.
Pemandangan paling menarik adalah pulau kecil yang terbentuk dari batu-batu granit besar yang tampak sangat jelas dari pinggir pantai.
Bentuk batu mirip kepala seekor burung, itulah yang menjadikan nama tempat ini sebagai Tanjung Kelayang, dimana Kelayang adalah nama salah satu jenis burung.
Penduduk sekitar menamakan batu yang berbentuk seperti kepala burung dengan nama yang lebih istimewa yaitu Batu Garuda. Batu Kelayang yang terdapat di pantai ini merupakan ikon dari Maskot Sail Wakatobi – Belitong 2011.
Jika ingin melakukan perjalanan ke pulau lengkuas dapat dilakukan dengan menaiki perahu boat yang ada di tanjung kelayang dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Sewa perahu untuk kapasitas 7 orang memakan biaya Rp 350.000 per perahu. (Sumber : tourbelitung.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar