Sabtu, 08 April 2017

Pantai Matras (Sungailiat)

SUNGAILIAT, KAB.BANGKA - Pantai Matras adalah pantai yang terletak didesa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, di sebelah timur laut Pulau Bangka yang mempunyai jarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang atau 7 km dari kota Sungailiat. Pantai ini sangat indah danlandai. Berbeda dengan pantai kebanyakan, Matras memiliki pasir putih ditambah dengan teksturnya yang halus. Apalagi ditambah dengan sebuah sungai air tawar yang bisa kita temukan di sekitar pantai.
Panjang pantai ini mencapai 3 km serta berlebar 20 sampai 30 meter. Pantai ini merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi di Bangka Belitung, baikmasyarakat Bangka sendiri, wisatawan domestik, ataupun mancanegara.
Namun beberapa tahun ini, pantai Matras mengalami abrasi yang hebat, terutama pada bulan November hingga Maret. Hal ini di karenakan pantai matras menghadap langsung ke arah Laut Cina selatan, sehingga Pantai Matras dipasangi Talud Penahan Abrasi.
Pemandangan di Matras terbagi menjadi duabagian, yakni bagian selatan dan utara. Di bagian utara adalah pemandangan pasir pantai yang rasanya tak punya ujung karena merupakan pantai terpanjang di daerah Bangka. Sedangkan di selatan, yang terlihat justru ujung tanjung yang terdiri atas batu-batu granit khas Pulau Bangka yang eksotis yang bersebelahan dengan Pantai Tanjung Kelayang Sungailiat. (Sumber : www.wikipedia.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar