Sabtu, 01 April 2017

Pantai Tikus (Sungailiat)

SUNGAILIAT, BANGKA - Pantai Tikus adalah salah satu pantai dengan topografi tebing bukit batu granit yang panjang di Sungailiat Bangka, terletak sekitar 10 Km dari Kota Sungailiat dan 20 Km dari Pangkalpinang.
Karena begitu panjangnya, kadang – kadang masyarakat setempat menyebut bagian – bagian pantai tikus bangka ini dengan penanda tersendiri seperti pohon mangga, pohon akasia, pantai cinta, pantai vihara dll.
Di sebut pantai tikus karena pantai ini memiliki banyak jalan setapak (jalan tikus), untuk menuju pesisir pantai. Konon, dahulu jalan ini di buat oleh penyelundup timah untuk menyelundupkan timah ke sisi pantai.
Pantai tikus berada dekat dengan pantai rebo, karena kedua pantai ini diapit dengan banyaknya pohon mangga, di sebut pantai kebun mangga karena memang ada perkebunan mangga, di bagian sini ( kebun mangga ) sisi pantainya adalah tebing batu namun memiliki view yang sangat cantik.
Selain itu juga kita bisa melihat pantai rebo dari sisi ini. Pada bagian tebing pantai ini juga sangat unik & cantik, di sini anda bisa manikmati sisi lain dari pantai tikus dan juga pantai rebo. pada bagian pantai tikus ini juga sering di sebut masyarakat sebagai pantai pohon akasia.
Pantai tikus juga disebut pantai pagoda, di sebut demikian karena pada bagian ini terdapat pagoda vihara yang sangat besar & megah yang terletak di atas bukit pantai tikus, sehingga dari pagoda ini kita bisa melihat view pantai tikus yang sangat cantik & luas.
Di sisi pantai ini terdapat tebing batu dengan kumpulan bongkahan batu yang tersusun rapi, pasir putih yang sangat luas serta pulau batu kecil – kecil di depan pantainya. (Sumber : www.zonabangka.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar